3 Days of Rock Than Never Before

Jadwal lengkap Gudang Garam InterMusic Java Rockin’land 2009

7 August 2009 : Vertical Horizon, Melee, Renaissance Blvd, Joujouka, God Bless, J-Rocks, Netral, Seringai, Naif, Koil, Andra with The Joints, Pure Saturday, Kunci, Hiro, Agrikulture, Krayola, Skalie, Ghaust, Denial, Friends of Mine, Invictus, Saint Loco, Killing Me Inside, Bagaikan, Clover, Sajama Cut, Monkey to Millionaire, Vox, Aksara Music Workshop. 8 August 2009 : Mr. Big, Secondhand Serenade, Motherjane, /rif, Efek Rumah Kaca, Superglad, Burgerkill, The S.I.G.I.T., Drew, Bunga, She, Endank Soekamti, Rock ‘n Roll Mafia, Risky Summerbee & The Honeythief, Southern Beach Terror, Armada Racun, White Shoes & The Couples Company, The Adams, Bangkutaman, The Borstal, Gribs, Jiplak, Komunal, Purgatory, Time Bomb Blues, Navicula, MRA Band, Aksara Music Workshop. 9 August 2009 : Mew, Third Eyed Blind, Plastilina Mosh, Slank, The Flowers, Andra & the Backbone, GIGI, Kotak, Superman is Dead, Mike’s Apartment, Discus, Zeke & the Popo, The Upstairs, DVD Boy, Sore, Fall, The Monophones & Tika, Speedkill, The Sabotage, Holy City Rollers, Good Night Electric, Amazing in Bed, Dead Squad, Killed by Butterfly, The Brandals, Pee Wee Gaskins, Noxa, Aksara Music Workshop.

1st DAY

Slank

Di Java Rockin’ Land, Slank akan membawakan 13 lagu di perhelatan musik rock terbesar di Ancol, akhir pekan ini. “Kita manggung 1 jam, bawakan 13 lagu menutup maghrib. Kaka mengaku, bandnya tidak pernah absen dalam acara Java Rockin’land disebabkan mereka selalu mensupport sesuatu yang bersifat baik. “Menjadi kebanggaan tersendiri,” ujarnya. Rencananya dalam acara tersebut, Slank akan nge-mix lagu-lagu mereka dari pertama hingga sekarang. Selain itu, Slank juga akan membawakan album internasional mereka yang sudah diluncurkan di Amerika Serikat. “Kita akan bawakan pertama kalinya besok,”.

Vertical Horizon

Datang ke Indonesia untuk pertama kalinya membawa cerita tersendiri bagi personel Vertical Horizon. Selama di Indonesia, mereka mengakui menyukai buah duren dan Monas. Hal tersebut diungkapkan vokalis Vertical Horizon Matt Scannel saat jumpa pers sebelum manggung di Java Rockin’land di Pantai Karnaval, Ancol, Jakarta, Jumat (7/8/2009) malam. Matt mengungkapkan makanan di Indonesia sangat pedas berbeda dengan yang biasa meraka makan. Meski begitu, mereka tetap belajar untuk menyukainya. Yang paling berkesan, mereka mengaku baru merasakan buah yang belum pernah mereka jumpai, yaitu buah durian. “Saya tidak suka baunya, tapi ternyata rasanya enak banget,” paparnya. Selain itu, mereka juga sangat menyukai Monumen Nasional (Monas). Mereka mengaku hampir tidak pernah melihat bangunan yang bentuknya seperti Monas. “Itu ciri khas negara ini,” katanya. Matt juga mengaku terkesan dengan Indonesia yang menurutnya sangat indah dan penuh warna warni. “Saya enggak tahu kenapa negara ini bagus banget, penuh warna warni di mana saja. Di mana-masa sangat indah, khususnya masyarakatnya sangat ramah dan murah senyum,”.

2nd DAY

Melee

Melee cukup membuat terkesima penonton yang datang, diawali dengan lagu pembuka Big Mistake, sang vokalis Chris Cron langsung beraksi di atas panggung dengan suara yang khas membuat para penonton berjingkrak ketika berteriak “Hello Jakarta” diiringi oleh gebukan drum dari Mike Nader. Tak ingin para penonton untuk berhenti berjingkrak, Melee langsung memainkan lagu keduanya berjudul Stand Up, tanpa berhenti. Suara penonton pun langsung histeris penonton. Setelah dua lagu dimainkan tanpa henti oleh Melee, sang vokalis mengeluarkan ucapan kata “Kami tidak takut datang kesini” sembari memegang kaos berwarna putih bertuliskan “WE ARE NOT AFRAID” dan penonton pun berteriak serta memberikan applause. Penampilan Melee ini dimulai pukul 20.30 hingga pukul 21.30 WIB ini selalu dibuatnya penonton terkesima atas aksinya. Melee yang beraksi di panggung GG Intermusic Stage ini menutup aksinya dengan lagu “The War” yang juga menjadi hits di tahun 2004 tak lupa aksi mereka diwarnai dengan pertunjukkan kembang api menandakan perhelatan musisi rock, Java Rockin’land telah dibuka.

Mr. Big

Hari kedua Java Rockin’land yang digelar di Pantai Karnaval Ancol semakin ramai. Kepadatan penonton sudah tampak dari sore hari ini, disebabkan kedatangan MR Big. Kemacetan sudah terjadi sejak dari pintu masuk Taman Impian Jaya Ancol sampai dengan Pantai Karnaval, Jakarta, Sabtu (8/8/2009). MR Big tampil pukul 23.00 -00.15 WIB.

Para fans Mr Big, melampiaskan kerinduan terhadap band asal Amerika Serikat ini. Antusiasme penikmat musik sangat terlihat. Band yang telah ditunggu-tunggu ini pun hadir dan mulai beraksi jam 23.00 WIB. Sebagai pembuka, Mr Big memainkan Daddy Brother dan disambut tepukan meriah dari seluruh penonton. Setelah selesai lagu pembuka, Eric Martin melantunkan Take Cover, dilanjutkan Green Tinted Sixties Mind, Alive & Kickin, Next Time Around, Hold Your Head dan Wild World. “Who loves Mr Big?” teriak Eric yang disambut teriakan penonton. Selanjutnya Mr Big memainkan It’s for You, Price You Gotta Pay, Just Take My Heart, dan Addicted to Love. “Thank you Jakarta,” teriak Eric sebelum menyanyikan tembang To Be With You. Di saat terakhir, Mr Big menyanyikan Collorado Bulldog. Penampilan Mr Big berakhir pada pukul 24.15, Minggu (9/8/2009).

3rd DAY


Secondhand Serenade

Penampilan yang fantastik ditunjukkan oleh Secondhand Serenande, 30 ribu penonton dibuatnya terbuai olehnya. Secondhand Serenande membuka lagu pertamanya Your Call dan dimainkannya tanpa henti ke lagu berikutnya Maybe. Setelah memainkan dua lagu sebagai pembuka, Secondhand kembali memainkan lagu berjudul Twist yang ditulis dari album pertamanya, tak lupa mereka juga membawakan lagu yang pernah menjadi hitsnya di tahun 2007. John berteriak “Indonesia, Indonesia Thank you”. Dari awal Secondhand Serenande tampil, para penonton tidak ada satupun terdiam diri namun selalu ikut serta bernyanyi lagu-lagu mereka hingga akhir sehingga membuat Ancol menjadi bergema apalagi ketika Secondhand membawakan lagu-lagu seperti Like a Knife, Stranger, Stay Close, Reach for the Sky, Vunerable. Tak ingin membuat suasana Java Rockin’land terdiam sejenak, Secondhand Serenande kembali menggebrak lagu Fix You milik Grup band asal Inggris, Coldplay sehingga membuat penonton histeris, berteriak Secondhand I Love U. Sang vokalis pun langsung menyambut “Kami tidak akan pernah melupakan Negara ini”, diakhiri dengan lagu Good Bye sebagai perpisahan. Tak lupa mereka melempar pick gitar, stick drum kepada para fans.


Third Eye Blind

Third Eye Blind menjadi band tamu yang memeriahkan malam terakhir Java Rockin’land, Minggu (9/8/2009). Cowok-cowok asal San Fransisco, USA, terdiri dari Stephen Jenkins (vokal & gitar), Brad Hargreaves (drum), dan Tony Fredianelli (gitar & vokal). Keinginan tiga cowok ini ke Indonesia, karena ingin melihat negeri di mana presiden Amerika, Barrack Obama pernah menjalani masa kecilnya. Third Eye Blind menyelipkan satu lagu barunya Water Landing, yang sengaja mereka nyanyikan di depan publik Indonesia. Third Eye Blind mengakhiri penampilan dengan memainkan lagu I Want Something Else. “Saya cinta kamu semua,” ucap Stephen dengan bahasa Indonesia, penonton pun menyambut ucapan dengan antusias.
Sebagai bonus, Third Eye Blind memainkan I Want You Back lagu Raja Pop Michael Jackson. Pesta kembang api menandai berakhirnya Java Rockin’ Land.

Java Rockin’ Land akhirnya berakhir sudah. Setelah melewati tiga hari sejak Jumat (7/8) hingga Minggu (9/8), festival rock terbesar tahun ini tersebut mampu menyedot perhatian ribuan penggemar musik di tanah air. Apalagi yang tampil bukan hanya band-band tanah air, melainkan band manca negara seperti Mr BIG, Vertical Horizon, Secondhand Serenade, Mew, dan Melee. Namun sayangnya, penonton justru membludak di hari kedua. Hari pertama dan ketiga lebih minim. Tapi untunglah walau bernuansa rock, konser berakhir damai. Jalan ke arah Pantai Carnaval Ancol – tempat show digelar, cukup padat pada hari ketiga namun tidak terlalu parah. Band yang tampil di hari ketiga kemarin adalah Slank (16.30-17.30 WIB), The Flowers (18.00-19.00WIB), Renaissance Boulevard- asal LA, California (18.00-19.00WIB), Mew (19.15-20.15 WIB), Killed by Butterfly (19.30-20.30WIB), J-Rock (20.30-21.30 WIB), The Upstairs (20.30-21.30WIB), Third Eye Blind(21.45-22.45 WIB), Gigi (23.00-24.00WIB), Superman Is Dead (23.00-24.00WIB), The Brandals (23.00-00.30 WIB). Spesial untuk para penggemar Slank, panitia memberikan izin khusus masuk tanpa tiket. Namun setelah Slank usai manggung, para Slankers pun diminta keluar dari area konser. Sementara itu, Gigitampil atraktif sesuai ciri khas Armand Maulana yang berjingkrak-jingkrak di atas panggung. J-Rockpun tak mau kalah memukau dengan gaya panggung yang beda -sebelum lagu terakhir selesai, dari gitar mereka mengeluarkan kembang api yang sontak membuat penonton memberikan aplaus. Superman is Dead, grup asal Bali makin membuat suasana meriah dengan penampilan punk rock-nya. Alhasil suasana kian panas hingga konser berakhir.

ARE YOU GLAD TO ROCKS!!

Satu Tanggapan to “3 Days of Rock Than Never Before”

  1. FionaDilla Says:

    Sekedar mengoreksi, Third Eye Blind menyanyikan lagu yg berjudul “Semi Charmed Life”, bukan “I Want Something Else”. 🙂


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: